Pages

Sabtu, 27 Juni 2020

RENCANA BELAJAR PKK KELAS XII

SEMESTER 1

BAB 1  PERENCANAAN PRODUKSI PRODUK DAN JASA
KB 1 Produksi JUL
KB 2 Produk
KB 3 Jasa
TUGAS 1
BAB 2 PRODUKSI MASSAL
KB 1 Hakikat dan Konsep Produksi Massal AGT
KB 2 Perencanaan Produksi Massal
KB 3 Indikator keberhasilan Produksi massal
KB 4 Proses produksi massal
ULANGAN 1 (BAB 1,2)
BAB 3 PERAKITAN PRODUK SEPT
KB 1 Teori dasar Perakitan
KB 2 Metode Perakitan
KB 3 Sistem Perakitan dan Keseimbangan Lintasan
ULANGAN 2
PENILAIAN TENGAH SEMESTER GASAL (REMIDI)
BAB 4 PENGUJIAN DAN EVALUASI PRODUK OKT
KB 1 Pengujian Produk
KB 2 Standarisasi dan Sertifikasi Produk
KB 3 Evaluasi dan Pengendalian Kualitas Produk
TUGAS 2
BAB 5 MENENTUKAN MEDIA PROMOSI NOV
KB 1 Konsep Promosi
KB 2 Jenis-jenis Media Promosi
KB 3 Membuat Media Promosi Online
TUGAS 3
ULANGAN 3
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL (REMIDI)

SEMESTER 2

BAB 6 STRATEGI PEMASARAN JAN
KB 1 Hakikat Pemasaran
KB 2 Strategi Pemasaran 
KB 3 Pemasaran Online
KB 4 Melakukan Pemasaran Produk Barang/ Jasa online
TUGAS 1
ULANGAN 1
BAB 7 MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN FEB
KB 1 Pengetahuan Umum tentang Laporan Keuangan
KB 2 Membuat Laporan Keuangan Sederhana
TUGAS 2
BAB 8 ORACLE ACADEMY (MEMBUAT TOKO ONLINE DG ENCLIPSE) MAR-MEI
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP (REMIDI)

RENCANA BELAJAR SISTEM KOMPUTER


BAB 1 SISTEM BILANGAN
        KB 1    GAMBARAN UMUM SISTEM BILANGAN
        KB 2    SISTEM BILANGAN 
        KB 3 KONVERSI BILANGAN
BAB 2 RELASI LOGIK DAN GERBANG DASAR
        KB 2    GERBANG LOGIKA DASAR
        KB 3 GERBANG LOGIKA KOMBINASI
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (REMIDI)
BAB 3 OPERASI ARITMETIKA
        KB 1 OPERASI ARITMETIKA BINER
        KB 2 OPERASI ARITMETIKA DALAM BCD
        KB 3 HALF ADDER AND FULL ADDER
BAB 4 ARITMETIK LOGIK UNIT (ALU)
        KB 1 ALU 
        KB 2 MULTIPLEZER DAN DEMULTIPLEZER
        KB 3 FLIP FLOP
        KB 4 RANGKAIAN REGISTER
        KB 5 COUNTER
ULANGAN HARIAN 2
PENILAIAN SEMESTER 1 (REMIDI)
BAB 5 MENERAPKAN ELEKTRONIKA DASAR
        KB 1 KOMPONEN ELEKTRONIKA
        KB 2 BAHAN PENGHANTAR DAN ISOLATOR
        KB 3 DIODA DAN TRANSISTOR
TUGAS 2
BAB 6 ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
        KB 1 PENGERTIAN ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
        KB 2 STRUKTUR DAN FUNGSI UTAMA KOMPUTER
        KB 3 KONSEP DASAR SISTEM OPERASI
        KB 4 STRUKTUR MESIN VON NEUMANN
        KB 5 SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
ULANGAN 1
BAB 7 MEDIA PENYIMPANAN EKSTERNAL
        KB 1 MAGNETIK DISK
        KB 2 TEKNOLOGI RAID
        KB 3 OPTICAL DISK
        KB 4 PITA MAGNETIC
        KB 5 MEMORI
ULANGAN 2
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (REMIDI)
BAB 8 SISTEM MEMORI
        KB 1 KARAKTERISTIK DAN FUNGSI MEMORI
        KB 2 KINERJA DAN KEHANDALAN MEMORI
        KB 3 RANGKAIAN RAM-EPROM
ULANGAN 3
BAB 9 MEMORI SEMI KONDUKTOR
        KB 1 PENGANTAR MEMORI SEMI KONDUKTOR
        KB 2 RAM DAN ROM
        KB 3 PROM DAN EPROM
        KB 4 EEPROM
        KB 5 EAPROM
ULANGAN 4
PENILAIAN AKHIR TAHUN (REMIDI)


RENCANA BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR

BAB 1 DASAR-DASAR ALGORITMA
KB 1  Pengantar Algoritma dan Program
KB 2 Struktur Dasar Algoritma
KB 3  Program, Pemrograman dan Bahasa Pemrograman
BAB 2  KONSEP DASAR BAHASA PREMROGRAMAN PASCAL
KB 1 Mengenal Bahasa Pemrograman Pascal 
KB 2 Struktur Bahasa Pemrograman Pascal
KB 3 Standar Input dan Output
KB 4 Kompilasi Program dan Perbaikan Kesalahan
PRAKTEK 1,2
BAB 3 VARIABEL, TIPE DATA dan OPERATOR
KB 1  Variabel, Tipe data dan Konstanta
KB 2 Operator dan Fungsi
PRAKTEK 3-5
ULANGAN 1 (BAB 1-3)
PENILAIAN TENGAH SEMESTER GASAL (REMIDI)
BAB 4  STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN 
KB 1 Percabangan 1 Kondisi IF THEN
KB 2 Percabangan 2 Kondisi IF THEN ELSE
KB 3 Percabangan Bersarang IF di dalam IF
KB 4 Percabangan CASE 
KB 5  Percabangan CASE ELSE
ULANGAN 3
BAB 5 STRUKTUR KONTROL PERULANGAN
KB 1 Struktur Perulangan FOR - DO
KB 2 Perulangan FOR- DOWNTO
KB 3 Perulangan WHILE - DO
KB 4 Perulangan REPEAT .. UNTIL
TUGAS 4
ULANGAN 4
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL (REMIDI)
BAB 6 PENGGUNAAN ARRAY DAN FUNGSI
KB 1 Pengertian dan cara penggunaan Array
KB 2 Membuat Array 2 dan 3 dimensi
KB 3 Mengenal Jenis-jenis Fungsi
KB 4 Penggunaan Fungsi
TUGAS 1
ULANGAN 1
BAB 7 PENGEMBANGAN ALGORITMA APLIKASI
KB 1 Pengembangan Aplikasi
KB 2 Error Handling
KB 3 Debugging
TUGAS 2
ULANGAN 2
PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP (REMIDI)
MARET ORACLE ACADEMY (MEMBUAT GAME SEDERHANA DG GREENFOOT)
KB 1 Sekilas Tentang Pemrograman Java dan Greenfoot
KB 2 Menginstal dan mengenal Fitur Greenfoot
KB 3 Menempatkan dan Menjalankan Objek sesuai Skenario
KB 4 Memanggil fungsi secara langsung
KB 5 Membuat dunia baru dan memanggil gunsi dunia
APRIL ORACLE ACADEMY(PEMROGRAMAN JAVA FUND GREENFOOT)
KB 6 Megubah perilaku Objek
KB 7 Menyusun skenario
KB 8 Menggubah gambar
KB 9 Membuat kelas baru
TUGAS 3 
MEI-JUNI MEMBUAT PROJECT DENGAN SKENARIO SENDIRI
MEMPRESENTASIKAN HASIL PROJEK GAME YANG SUDAH DIBUAT
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP (REMIDI)

RENCANA BELAJAR KOMPUTER JARINGAN DASAR

SEMESTER 1

BAB 1 K3LH
KB 1 PENGANTAR K3LH
KB 2 K3LH MENGGUNAKAN PERANGKAT TI
KB 3 K3 MERAKIT PC
TUGAS 1
BAB 2 MERAKIT PC
KB 1 BAGIAN-BAGIAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER
KB 2    PERAKITAN PC
KB 3 BIOS DAN KONFIGURASI SISTEM
KB 4 PERIFERAL DAN SETTING PERIFERAL
KB 5 MEMERIKSA HASIL PERAKITAN
ULANGAN HARIAN 1 (BAB 2 DAN 2)
BAB 3 INSTALLASI SISTEM OPERASI
KB 1 Konsep dan Prinsip Kerja Sistem Operasi
KB 2    Installasi Sistem Operasi GUI
KB 3 Pembuatan Laporan installasi sistem operasi
TUGAS 2
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (REMIDI)
BAB 4 INSTALLASI DRIVER PERANGKAT KERAS
KB 1 Macam-macam driver perangkat keras
KB 2 Prosedur installasi driver PC
ULANGAN HARIAN 2 (BAB 3 DAN 4)
BAB 5 INSTALLASI SOFTWARE APLIKASI
KB 1 Mengenal macam-macam software aplikasi
KB 2 Menginstal software Aplikasi
TUGAS 3
BAB 6 PERAWATAN PC
KB 1 Perawatan PC secara Hardware
KB 2 Perawatan PC secara Software
ULANGAN HARIAN 3 (BAB 5 DAN 6)
PENILAIAN SEMESTER 1 (REMIDI)

SEMESTER 2

BAB 7 MENDIAGNOSA PERMASALAHAN PC
KB 1  Mengenal Pesan/Peringatan Kesalahan 
KB 2 Mengidentifikasi kemungkinan kerusakan
BAB 8  PERBAIKAN PERIFERAL PC
KB 1 Menyiapkan Perbaikan Peroferal
KB 2 Memperbaiki Periferal PC
TUGAS 1
ULANGAN 1 (BAB 7 DAN 8)
BAB 9 DASAR-DASAR JARINGAN
KB 1  Sejarah dan Manfaat Jaringan 
KB 2 Mengenal PAN,LAN,MAN,WAN
KB 3 Perangkat Keras Jaringan
KB 4 Sistem Operasi Jaringan
KB 5 Macam-Macam Topologi Jaringan
KB 6 Referensi OSI
TUGAS 2
BAB 10 MACAM-MACAM MEDIA TRANSMISI JARINGAN
KB 1 Media Transmisi (Kabel UTP dan STP)
KB 2 Media Transmisi (Coaxial Kable)
KB 3 Media Transmisi (Nirkabel/Wireless)
KB 4 Media Transmisi (Fiber Optic)
ULANGAN 2 (BAB 9 DAN 10)
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (REMIDI)
BAB 11 INSTALLASI LAN dan WLAN
KB 1  Desain Jaringan LAN
KB 2 Installasi LAN
KB 3 Pengertian Server dan Sharing Data di LAN
KB 4 Sharing Perangkat Keras (Printer)
KB 5 Jenis peralatan untuk koneksi ke internet
KB 6 Pengalokasian IP Address
KB 7 Prosedur instalasi LAN dan WLAN (hotspot)
TUGAS 3
BAB 12 PERAWATAN DAN PERBAIKAN JARINGAN
KB 1  Perawatan Jaringan
KB 2 Prosedut dan teknik Pemeriksaan permasalah Jaringan
KB 3 Memperbaiki Permasalahan dalam Jaringan
ULANGAN 3 (BAB 11 DAN 12)
PENILAIAN AKHIR TAHUN (REMIDI)

RENCANA BELAJAR DESAIN GRAFIS


BAB 1 DESAIN GRAFIS DAN NIRMANA
KB 1    Pengantar Dasar Desain Grafis
KB 2    Unsur-unsur Tata Letak
KB 3 Membuat secara Elektronik unsur-unsur tata letak
ULANGAN HARIAN 1
BAB 2 FUNGSI DAN UNSUR WARNA
KB 1 Jenis-jenis dan Karakter Warna
KB 2    Fungsi dan unsur warna CMYK dan RGB
KB 3 Mengisi Objek Warna pada CorellDraw dan Photoshop
ULANGAN HARIAN 2
BAB 3 MENATA PRINSIP-PRINSIP TATA LETAK
KB 1 Mengenal Layout/tata letak
KB 2    Prinsip-prinsip Tata Letak
KB 3 Membuat Tata Letak Sederhana dengan Adobe inDesign
ULANGAN HARIAN 3

PENILAIAN TENGAH SEMESTER (REMIDI)

BAB 4 FORMAT  GAMBAR DAN SCANNING

BAB 4 FORMAT  GAMBAR DAN SCANNING
KB 1 Format Gambar dalam Desain Grafis
KB 2 Pengetahuan tentang Scanner
KB 3 Komponen dan Cara kerja Scanner
KB 4 Teknik Penggunaan Scanner
ULANGAN HARIAN 5
BAB 5 PERANGKAT LUNAK GAMBAR VEKTOR
KB 1 Citra Vektor dan Perangkat lunak gambar vektor
KB 2 Mengenal CorelDraw
KB 3 Mengolah Gambar Vektor
KB 4 Kombinasi Objek Vektor
ULANGAN HARIAN 6

PENILAIAN SEMESTER 1 (REMIDI)

BAB 7 EFEK GAMBAR VEKTOR
KB 1 Efek dasar CorelDraw
KB 2 Efek Outer Glow CorelDraw
KB 3 Efek PowerClip
ULANGAN HARIAN 1
BAB 8 PERANGKAT LUNAK BERBASIS BITMAP
KB 1 Mengenal Perangkat lunak Gambar Bitmap
KB 2 Menggunakan Photoshop
KB 3 Membuat gambar bitmap dengan photoshop
ULANGAN HARIAN 2
BAB 9 EFEK GAMBAR BITMAP
KB 1 Efek pada Teks
KB 2 Efek Filter
KB 3 Layer style dan styke
KB 4 Adjusments
ULANGAN HARIAN 3

PENILAIAN TENGAH SEMESTER (REMIDI)

MARET ORACLE ACADEMY (MEMBUAT ANIMASI 3D DENGAN ALICE)
KB 1 mendownload JDK dan Alice 3
KB 2 Menginstal dan mengenal Fitur Alice 3
KB 3 Membuat dan Menyimpan Proyek
KB 4 Memprogram objek bergerak dan berkata
KB 5 Menambah dan Memposisikan Objek lainnya
ULANGAN 3
APRIL ORACLE ACADEMY(ANIMASI IKAN HIU)
KB 6 Membuat dan Memposisikan aktor dan objek lainnya
KB 7 Memprogram Objek Bergerak dan Berkata
KB 8 Menggunakan Prosedur untuk memposisikan objek
KB 9 Menjalankan Animasi
TUGAS 3

MEI-JUNI MEMBUAT PROJEK ANIMASI SENDIRI
MEMPRESENTASIKAN HASIL PROJEK ANIMASI YANG SUDAH DIBUAT


PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP (REMIDI)