Pages

Jumat, 14 Agustus 2020

KONSEP DASAR PROGRAM, PEMROGRAMAN DAN BAHASA PEMROGRAMAN

 

A.    PROGRAM, PEMROGRAMAN DAN BAHASA PEMROGRAMAN

Program adalah instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan tugas tertentu, sedangkan pemrograman adalah upaya untuk membuat kode-kode yang dikenal oleh komputer. Seperti halnya manusia yang diciptakan dengan  berbagai bahasa, agama, suku dan golongan, komputer juga memiliki bahasa yang dikenal dengan bahasa pemrograman. Perbedaan bahasa manusia dan bahasa komputer terletak pada keragamannya. Manusia memiliki ribuan bahkan jutaan bahasa sedangkan komputer hanya memiliki satu bahasa saja yaitu bahasa mesin. Bahasa mesin terdiri dari kode-kode biner 0 dan 1, yang tentunya menyulitkan manusia untuk mamahaminya, sehingga diciptakan bahasa yang dapat membantu manusia mengartikan dan membuat kode-kode tersebut yang kemudian dikenal dengan bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga tingkatan

  1. Bahasa Generasi Pertama (Bahasa tingkat rendah): Merupakan Bahasa mesin yang terdiri dari kode-kode biner ‘0’ dan ‘1’
  2. Bahasa Generasi Kedua(Bahasa Tingkat Menengah): Sudah memasukkan unsur kata bahasa inggris dalam kata singkat namun masih bersifat machine independent atau dikenal dengan bahasa assembly
  3. Bahasa Generasi Ketiga(Bahasa Tingkat Tinggi) : Bahasa yang mendekati bahasa manusia contohnya BASIC, FOLTRAN, PASCAL, ALGOL, COBOL, C++, dll.

 

B.     LANGUAGE TRANSLATOR

Bahasa tingkat tinggi tidak serta merta dimengerti oleh komputer karena komputer hanya mengenal bahasa mesin, sehingga dibutuhkan language translator. Language translator bertugas untuk menerjemahkan bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin sehingga dapat dijalankan komputer. Proses menerjemahkan bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin melalui language translator di komputer di kenal dengan istilah kompilasi program. Language translator yang digunakan harus sama dengan kode yang ingin diterjemahkan sehingga jika kita menulis program dengan bahasa pascal, maka language translatornya juga language translator untuk pascal.

Cara kerja Language translator dapat dilihat pada skema berikut.

Language translator terbagi menjadi 2 yaitu: Intepreter dan Compiler. Walaupun prinsip kerjanya sama, compiler dan inteoreter memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Untuk lebih jelasnya perhatikan table berikut


C.     LANGKAH PEMROGRAMAN 

Programmer adalah seseorang yang pekerjaannya menganalisis, menyusun, mengedit, menguji kumpulan bahasa pemrograman untuk kemudian menghasilkan sebuah program yang bisa menjalankan suatu tugas tertentu secara otomatis. Untuk lebih mudahnya programmer adalah orang yang membuat program itu sendiri dengan menggunakan kombinasi berbagai programming language. 

Tahap-tahapan yang ditempuh programmer pada saat akan melakukan pemrograman adalah:

1.      Membuat algoritma dan flowchart

2.      Menuliskan program dengan menggunakan bahasa pemrograman

3.      Menguji kebenaran program

4.      Perbaikan program jika ada kesalahan

5.      Menjalankan program

Khusus pemrograman compiler, sebelum program yang dijalankan program dapat dikompilasi terlebih dahulu untuk mengetahui baris mana saja yang terdapat kesalahan penulisan sintaks (perintah). Selain kesalahan sintak kesalahan lainnya adalah logika, kesalahan ini umumnya dapat menimbulkan bug (baca: bag). Sedangkan upaya untuk mencari kesalahan penulisan program disebut dengan debugging.

Tugas 3 (masing-masing memiliki nilai 25)

1.      Apakah yang kamu ketahui tentang program, pemrograman dan bahasa pemrograman?

2.      Sebut dan beri contoh 3 macam-macam bahasa pemrograman!

3.      Apakah yang dimaksud dengan language translator?

4.      Apa perbedaan Compiler dan Interpreter?

Untuk menjawab, klik DISINI



0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR