Pages

Kamis, 10 September 2020

RELASI LOGIK DAN OPERATOR LOGIKA

 


A. Relasi Logik

Relasi logik adalah informasi dalam bentuk sinyal 0 dan 1 yang digunakan untuk membandingkan dua buah nilai dan saling memberikan kemungkinan hubungan secara logik, 0 berarti salah dan 1 berarti benar. Fungsi dasar relasi logik adalah fungsi AND, OR, dan Fungsi NOT. Logika yang digunakan:

Contoh penggunaan Relasi Logik :

C. Operator Logika

Operator logika adalah operator yang digunakan untuk membandingkan dua buah nilai logika. Nilai logika adalah nilai benar atau salah. Jika sebelumnya pada relasi Logik yang dibandingkan adalah nilai dari data apakah benar (1) ataukah salah (0), maka pada operator logika bisa dikatakan yang dibandingkan adalah logika hasil dari relasi logik. Memberikan batasan yang pasti dari suatu keadaan sehingga suatu keadaan tidak dapat berada dalam dua ketentuan sekaligus. Dalam logika dikenal aturan sebagai berikut.

1. Suatu keadaan tidak dapat dalam keduanya benar dan salah sekaligus.

2. Masing-masing adalah benar/salah.

3. Suatu keadaan disebut benar bila tidak salah.

Dalam aljabar Boolean keadaan ini ditunjukkan dengan dua konstanta: Logika ‗1‘ dan ‗0‘. Operasi logika biasa digunakan untuk menghubungkan dua buah ungkapan kondisi menjadi sebuah ungkapan kondisi. Operator-operator ini berupa:

Contoh penggunaan:

C. Penggunaan Operasi Logik

Electronics workbench (EWB) adalah sebuah software yang digunakan mengujian dan eksperimen rangkaian elektronika EWB terdiri dari Menu Reference, Sources, Basic, Diodes, Transistors, Analog ICs, Mixed ICs, DigitalICs, Indicators dan masih banyak lagi menu yang terdapat pada EWB.

Pada menu sources ini mendiskripsikan sources seperti including battery, AC voltage source, Vcc source and FM source, menu basic mendiskripsikan tentang komponen EWB contoh: resistor, capacitor, relay, switch and transformer. Menu digit mendiskripsikan tentang gerbang logika seperti and,or,nand dan lain-lain. Pada software ini cocok sekali untuk pemula agar dapat mengetahui fungsi dari penggunaan operasi logik.

Penggunaan operasi logic pada gerbang logika dapat diperoleh dalam bentuk IC. Perhatikan tabel dibawh ini dengan seksama

Untuk memudahkan proses pembelajaran tentang penggunaan operasi logic, kita dapat melakukan simulasi dengan menggunakan sebuah software yaitu Electronic Workbench. Selain software tersebut kita juga dapat menggunakan software Circuit Maker. Dengan menggunakan simulasi kita tidak perlu mengeluarkan banyak dana dan waktu untuk membeli komponen IC atau komponen lainnya. Kita cukup duduk didepan komputer dengan mengoperasikan software Electronics Workbench atau Circuit Maker.

Di dalam teknik kontrol sering menggunakan operasi logik untuk menyelesaikan hubungan antara sinyal-sinyal masukan dengan sinyal-sinyal keluaran.

 

TUGAS:

  1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan relasi logik?
  2. Jelaskan hasil dari contoh penggunaan relasi logik dari A==2?
  3. Jelaskan hasil dari contoh penggunaan relasi logik Kar==‘huruf vokal‘!
  4. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Operasi Logik?
  5. Jelaskan Aturan-aturan logika!
Untuk menjawab tugas diatas, klik DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR