Pages

Rabu, 23 September 2020

FIREWALL (FUNGSI, MANFAAT,KEUNGGULAN, CARA KERJA DAN JENIS-JENISNYA)

 


Internet tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Tetapi, ingat harus bijak dalam memanfaatkan internet karena ada sisi positif dan negatif. Agar terhindar dari sisi negatif, internet harus dilindungi oleh tembok atau benteng. Tujuannya agar komputer dan perangkat Anda bisa terlindungi dari ancaman yang membahayakan. Maka diperlukan tembok atau benteng tersebut biasanya dinamakan firewall.

Segi-segi keamanan didefinisikan dari kelima point ini.

a. Confidentiality bahwa informasi (data) hanya bisa diakses oleh pihak yang memiliki wewenang.

b. Integrity bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang.

c. Availability bahwa informasi tersedia untuk pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan.

d. Authentication bahwa pengirim suatu informasi dapat diidentifikasi dengan benar dan ada jaminan bahwa identitas yang didapat tidak palsu.

e. Nonrepudiation bahwa baik pengirim maupun penerima informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan penerimaan pesan.

Serangan (gangguan) terhadap keamanan dapat dikategorikan dalam empat kategori utama:

a.    Interruption Suatu aset dari suatu sistem diserang sehingga menjadi tidak tersedia atau tidak dapat dipakai oleh yang berwenang. Contohnya :

·        DOS (serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar.) 

·    DDOS (jenis serangan Denial of Service(DOS) yang menggunakan banyak host (baik itu menggunakan komputer yang didedikasikan untuk melakukan penyerangan atau komputer yang "dipaksa" menjadi zombie) untuk menyerang satu buah host target dalam sebuah jaringan.)

b.     Interception Suatu pihak yang tidak berwenang mendapatkan akses pada suatu aset. Pihak yang dimaksud bisa berupa orang, program, atau sistem yang lain. Contohnya:

·    Wiretapping (penyadapan), (suatu kejahatan yang berupa penyadapan saluran komunikasi khususnya jalur yang menggunakan kabel.)

·        Sniffing, (adalah penyadapan terhadap lalu lintas data pada suatu jaringan komputer.)

c.      Modification Suatu pihak yang tidak berwenang dapat melakukan perubahan terhadap suatu aset. Contohnya :

·     Mengubah tampilan website (defacing), menempelkan Trojan (virus) pada web atau email, atau pemakai lain yang mengubah informasi tanpa izin, “man in the middle attack” dimana seseorang menempatkan diri di tengah pembicaraan dan menyamar sebagai orang lain

d.  Fabrication Suatu pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Contohnya :

·  Phising Mail (memasukkan pesan-pesan palsu seperti e-mail palsu ke dalam jaringan komputer.)

Bahasa gampangnya, firewall itu adalah pelindung sistem jaringan komputer dan perangkat lainnya yang berguna untuk melindungi ancaman-ancaman atau konten yang berbahaya dai komputer luar. Apalagi Pihak lain mencoba membuka internet setiap saat, maka dengan otomatis firewall akan langsung memblokirnya. Jaringan komputernya akan diterapkan terhadap software, hardware, maupun berbagai sistem, konten yang ada pada komputer Anda.

Fungsi Firewall

Bukan hanya pelindung dari serangan atau ancaman yang membahayakan. Tetapi ada banyak fungsi firewall, diantaranya: 

  1. Fungsi Firewall pada Komputer dan perangkat lainnya

Pengontrol sekaligus pengawas arus paket data. Selain sebagai pelindung, firewall juga berfungsi untuk pengontrol sekaligus pengawas arus paket data yang mengalir pada jaringan komputer. Selain itu, mencakup modifikasi paket data yang datang sehingga dapat menyembunyikan IP address.

  1. Firewall berfungsi pos keamanan jaringan

Firewall juga berfungsi pos keamanan jaringan yang memeriksa, memyaring, membatasi, atau menolak semua aktivitas yang terjadi pada komputer dan bekerja otomatis sesuai kriteria dari alamat IP komputer sumber.

  1. Mencatat segala aktivitas pengguna komputer

Firewall dengan cekatan akan mencatat seluruh aktivitas yang terjadi di komputer sebagai dokumentasi. Dokumentasi tersebut digunakan pengembangan sistem keamanan komputer dan melakukan autentifikasi terhadap akses ke jaringan komputer.

  1. Mencegah agar informasi tidak bocor

Yang keempat fungsinya adalah mencegah informasi tidak bocor. Firewall berguna agar pengguna komputer mengirim file secara leluasa apalagi bersifat berharga, rahasia kepada pihak lain.

Manfaat dan Keunggulan Firewall

Mampu menjaga informasi yang sifatnya rahasia dan berharga milik pengguna komputer dan perangkat lainnya yang dapat menyelinap kapan saja. Sebagai filter yang dapat digunakan mencegah segala aktivitas lalu lintas yang akan mengalir ke subnet jaringan. 

  1. Dapat memodifikasi paket data.
  2. Sebagai akurasi data seperti informasi keuangan, spesifikasi produk, harga produk dan lain sebagainya.
  3. Untuk mengatur komunikasi antara dua jaringan yang berlainan.
  4. Mencegah akses yang tidak sah ke atau dari jaringan pribadi. Sistem dapat diimplementasikan ke software maupun hardware atau kombinasi keduanya.
  5. Dapat memproteksi dan mencegah komputer dari serangan virus atau merugikan lainnya yang dapat merusak komputer.

Setelah mengetahui definisi serta manfaat dari Firewall, selanjutnya anda wajib mengetahui keunggulan Firewall pada jaringan komputer anda. Berikut keunggulannya yaitu: 

  1. Performa Tinggi. Memiliki performa yang tinggi, dikarenakan ada pengecekan terhadap banyak faktor.
  2. Dapat di terapkan pada jaringan router dan switch. Bisa diterapkan pada perangkat jaringan router atau switch tanpa adanya perangkat tambahan.
  3. Lebih Efisien, Efektif, dan praktis.
  4. Aman dari situs berbahaya. Dapat mendeteksi ancaman dari situs yang berbahaya.
  5. User-nya tidak sampai pada situs berbahaya. Menjaga agar user tidak sampai diarahkan ke situs berbahaya.
  6. Dapat memblokir situs-situs tertentu. Selain menjaga dari situs berbahaya juga memblokir situs tertentu.
  7. Tanggap memberikan peringatan. Memberikan peringatan apabila mendownload yang berasal dari situs tak aman.
  8. Mengatasi pembajakan. Mencegah pembajakan terhadap komputer Anda.
  9. Dapat memberi koneksi pada tempat umum. Berguna untuk melakukan koneksi internet pada tempat umum.
  10. Aman untuk komputer. Komputer dan perangkat lainnya aman dari konten-konten yang berbahaya.
    Firewall itu adalah pelindung sistem jaringan komputer dan perangkat lainnya yang berguna untuk melindungi ancaman-ancaman atau konten yang berbahaya dai komputer luar.
    Fungsinya pada Komputer yaitu pengontrol sekaligus pengawas arus paket data, pos keamanan jaringan, mencatat aktivitas pengguna komputer, mencegah informasi tidak bocor.

Cara Kerjanya

Firewall bekerja dengan cara menganalisis paket data yang keluar dan masuk ke dalam lingkungan yang dilindungi oleh sistem firewall. Paket data yang mengandung kejanggalan akan ditolak untuk masuk ataupun keluar jaringan komputer yang dilindungi. Filter firewall akan bekerja melakukan pemeriksaan sumber dari paket data yang masuk untuk mengontrol paket dari mana saja yang boleh masuk. Sistem juga akan melakukan pemblokiran pada jenis jaringan tertentu sekaligus mencatat lalu lintas paket data yang mencurigakan.

Ada tiga cara Firewall yang Anda bisa gunakan untuk mengamankan data Anda. Bisa menggunakan satu, dua atau langsung tiga cara tersebut untuk mengamankan komputer Anda. Berikut penjelasannya.

  1. Packet Filtering atau stateless adalah untuk melihat boleh tidaknya suatu data masuk ke komputer.
  2. Proxy Service adalah Aplikasi ini bekerja sebagai penghubung dengan sistem jaringan. Aplikasi ini bertugas memeriksa packet yang akan saling ditukarkan dalam jaringan.
  3. Stateful Inspection adalah menelusuri packet yang diterima dengan aktivitas sebelumnya. Dengan begitu, Firewall akan langsung merespons salah satu dari 3 cara. Pertama, accept atau terima yang artinya memperbolehkan trafik untuk melewati jaringan tersebut. Kedua, reject atau menolak dengan membalasnya disertai tampilan ‘’unreachable error’’. Terakhir, drop atau melewati yang artinya menolak trafik tanpa mengirimkan pesan.

Jenis-jenis Firewall Pada Jaringan Komputer

1. Packet Filtering Router

Packet Filtering Router memfilter paket data berdasarkan alamat dan pilihan yang telah ditentukan terhadap paket tersebut. Jenis firewall ini bekerja dalam level internet protocol (IP) yang memegang keputusan mengenai tindakan selanjutnya.

2. Circuit Gateways

Circuit Gateways beroperasi pada lapisan transport pada jaringan di mana koneksi diautorisasi berdasarkan alamat. Circuit Gateways mencegah koneksi langsung antar jaringan. Circuit Gateways biasanya tidak dapat memonitor lalu lintas data yang mengalir antara satu jaringan dan jaringan lainnya.

3. Application Gateways

Application Gateways disebut sebagai firewall berbasis proxy. Application Gateways beroperasi di level aplikasi dan dapat mempelajari informasi pada level data aplikasi. Application Gateways memiliki kelebihan yaitu lebih aman daripada Packet Filtering Router. Khususnya untuk mengaudit dan mendata semua aliran data yang masuk pada level aplikasi.

4. Hybrid Firewalls

Jenis firewall yang ke-empat ini adalah jenis campuran. Hybrid Firewalls menggunakan elemen-elemen dari satu atau lebih jenis firewall. Hybrid Firewalls bukanlah inovasi baru. Terdapat firewall komersial seperti DECSEAL yang menggunakan proxy pada bastion hosts.

Tugas

Buatlah kesimpulan dari materi diatas, tulis kesimpulan tersebut dalam sebuah artikel/postingan di blog/web pribadimu, kemudian Copykan linknya pada kolom komentar di bawah ini.

10 komentar:

  1. https://lopinalop.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus
  2. http://nikenayu69.blogspot.com/2020/11/ringkasan-materi-firewall.html

    BalasHapus
  3. http://nurasihblog.blogspot.com/2020/11/firewall-fungsi-manfaatkeunggulan-cara.html

    BalasHapus
  4. https://melatiimeltkj.blogspot.com/2020/12/firewall-fungsi-manfaatkeunggulan-cara.html?m=1

    BalasHapus
  5. https://isnainielisa.blogspot.com/2020/12/firewall-fungsi-manfaatkeunggulan-cara.html

    BalasHapus
  6. https://arenggacahya.blogspot.com/2020/12/materi-xii-tkj.html

    BalasHapus
  7. Alone fedra fadhill alfaiz
    https://syekermania09.blogspot.com/2020/12/pengetian-gungsi-dan-cara-kerja-firewall.html?m=1

    BalasHapus
  8. https://rezajatkj6g.blogspot.com/2020/12/kb-7-firewall.html?m=1

    BalasHapus
  9. 1G.

    Generasi pertama dari jaringan komunikasi. Jaringan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1980. Pada dasarnya 1G ini merupakan sinyal radio yang ditransmisikan dalam bentuk analog. 1G ini hanya dapat mengirim pesan teks dan membuat panggilan saja. Kelemahan jaringan ini adalah ketersediaan yang terbatas.

    2G.
    2G merupakan generasi kedua dari teknologi seluler. Generasi ini lahir pada awal tahun 90-an.Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. Tahukah anda? 2G adalah generasi pertama yang menawarkan layanan data dan pesan teks SMS. Berbicara tentang keuntungan, keuntungan dari jaringan 2G adalah memungkinkan konektivitas di seluruh dunia, dalam bentuk Semi Global Roaming. 2G/GSM ini mempunyai kemampuan transfer data 9,6 -14,4kbit/detik. Sangat rendah. Perbedaan mendasar jaringan 1G dan 2G ialah sinyal radio yang digunakan oleh jaringan 1G adalah analog, sedangkan 2G sudah berupa digital.

    2.5G.
    Akhir tahun 1997, dapat digunakan untuk transfer data ( dalam bentuk paket data ) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar ( MMS ), WAP ( Wireless Aplication Protocol ) , World Wide Web ( WWW ). GPRS mempunyai kecepatan data sebesar kurang lebih 115kbit/detik dan secara teori 160 kbit/detik. Setiap teknologi, ada kelebihan dan kelemahan masing-masing, kelemahan GPRS ialah data GPRS tak bisa dikirim saat panggilan suara berlangsung.

    3G.
    Antara tahun 2001-2003 lahirlah generasi ketiga. Jaringan ini tidak memakai frekuensi radio yang sama semacam 2G, maka dari itu pihak operator seluler harus membangun jaringan dan lisensi frekuensi yang sama sekali baru. Hal ini ditunjukkan oleh simbol 3G di sebelah bar sinyal. Jaringan ini memungkinkan kita untuk membuat panggilan video serta streaming video, dengan kecepatan unduh kurang lebih 3,1Mbps.
    Gambar 7: 3.5G atau HSDPA (High-Speed Down-link Packet Access ). Teknologi ini mempunyai kecepatan unduh bisa hingga 14 megabit/detik ( sekitar 100 kali lipat dari GPRS ). Hal ini ditunjukkan oleh simbol H sebelah bar sinyal.

    4G.
    Pada jaringan 4G ini terdiri dari 2 jenis yaitu 4G HSPA dan 4G LTE. HSPA+ ialah evolusi HSPA ( HSDPA dan HSUPA ). Teknologi ini memungkinkan melakukan unduh dengan kecepatan 168Mbps. Sekitar 1000 kali lipat lebih cepat daripada GPRS. Sedangkan 4G LTE merupakan kependekan dari Long Term Evolution, mengacu pada bagian dari teknologi seluler 4G yang belum sempurna. Karena pada dasarnya 4G merupakan salah satu teknologi seluler yang mengharuskan batasan kecepatan minimal sebesar 100Mbps.

    5G.
    Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada tahun 2020, sehingga sekarang masih terlalu dini untuk mengetahui seperti apa sih teknologi 5G tersebut. Saat ini, teknologi 5G ini masih sebuah konsep. Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps.

    BalasHapus
  10. https://odisetiyawan87odisetiyawan87.blogspot.com/2020/12/generasi-jaringan-komunikasi.html

    BalasHapus

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR