Pages

Jumat, 28 Agustus 2020

PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL

 


Dalam Pemrograman  kelas X semester 1 ini, digunakan bahasa Pemrograman Pascal. Mengapa Pascal? bahasa pemrograman Pascal, selanjutnya disingkat bahasa Pascal, adalah salah satu bahasa tingkat tinggi, yang menggunakan perintah-perintah sebagaimana bahasa sehari-hari. Dalam Bahasa Pascal digunakan perintah-perintah seperti read, write, pernyataan if then, while do, repeat until, begin,end, dan sebagainya yang dimengerti oleh kebanyakan orang, sehingga menjadi bahasa Pascal mudah dipelajari, khususnya untuk mengenalkan pemrograman, melatih kemampuan algoritma dan pemecahan masalah.

Bahasa Pascal pertama kali dirancang oleh Profesor “Niklaus Wirth” dari Technical Uneversity di Zurich, Switzerland pada tahun 1971. Nama Pascal sendiri terinspirasi nama seorang matematikawan Perancis, Blaise Pascal yang pertama kali menciptakan mesin penghitung. Bahasa Pascal kala itu dikembangkan untuk memudahkan para mahasiswa dalam mempelajari pemrogaman secara sistematis.

Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:

·     Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: booleanintegerrealcharstring

·    User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.

·       Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.

·      Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.

·     Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).

 Mengenal Tools/Framework Pengembangan Program

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa Pascal termasuk bahasa pemrogaman tingkat tinggi sehingga dibutuhkan sebuah compiler atau tools pengembang yang berfungsi menterjemahkan bahasa kedalam bahasa yang dimengerti komputer.

Beberapa compiler Pascal diantaranya GNU Pascal, Free Pascal, Dev Pascal dan Turbo Pascal, dan Delphi. Dari beberapa compiler tersebut, untuk pembelajaran buku ini menggunakan FreePascal. FreePascal memiliki keunggulan yakni cocok digunakan untuk berbagai platform Sistem Operasi diantanya: DOS,Linux, Windows, FreeBSD, PalmOs dan masih banyak yang lain.

Tools ini gratis (freeware) dan dapat didownload di www.freepascal.org. Selain sebagai compiler, kita bisa langsung menggunakan FreePascal sebagai editor, sehingga kita bisa membuat dan mengedit kode sekaligus mengkompilasi menjadi sebuah aplikasi. 

Berikut ini tampilan program FreePascal yang digunakan hingga pembahasan nanti di kelas X semester 2 nanti.


 Installasi Free Pascal

Pernahkan kalian menginstal suatu aplikasi di komputer?Mudah, bukan? Nah sekarang mari kita melihat bagaimana cara melakukan instalasi Free Pascal. Sebelumnya download dulu program installasi Free Pascal di alamat website ressminya, www.freepascal.org. Setelah file installasi selesai didownload, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Double klik pada freepascal.exe setelah itu tunggu hingga muncul tampilan seperti berikut, kemudian klik next.

2. Kemudian akan muncul pengaturan untuk memilih lokasi penyimpanan file installasi, secara default akan tersimpan pada folder C tapi jika ingin mengganti maka klik browse, kemudian klik next.


3. Memilih komponen apa saja yang akan diinstall, pilih full installation agar komponen yang terinstall lengkap, kemudian klik next.

4. Memilih folder untuk penempatan setup Free Pascal, untuk pengaturan default maka diletakan di folder Free Pascal, kemudian klik next.


5. Memilih Additional Task atau fungsi tambahan.

6. Kemudian muncul kotak info bahwa aplikasi siap diinstall, kemudian klik next. Tunggu hingga proses selesai.


7. Kemudian akan muncul kotak informasi terkait Free Pascal. Kemudian klik Next

8. Klik Finish, setelah selesai

Setelah selesai double klik icon Free Pascal dan akan muncul halaman depan seperti ini:


Dengan aplikasi inilah nantinya kita akan bekerja untuk membuat program, di awali dengan menyusun algoritma untuk menentukan input, proses dan output yang dikehendaki kemudian menuliskan algoritma dalam bentuk kode program menggunakan format bahasa Pascal (mengkoding), setelah itu mengkompilasi untuk menghasilkan program dalam bentuk file berekstensi exe (excutable). Bahasan tentang Struktur Bahasa dan Kompilasi akan dikupas pada kegiatan belajar berikutnya.

Tugas:

Installah Freepascal pada komputer atau Laptop Anda dengan mengikuti tutorial diatas. Jika Anda tidak memiliki komputer atau laptop dirumah, maka selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk membuat program dengan bahasa pemrograman pascal, anda dapat memanfaatkan aplikasi PASCAL N-IDE editor and compiler program, yang dapat anda download gratis di Play Store atau dengan klik DOWNLOAD.

Jika Anda belum paham cara mendownload dan menginstalnya di HP Android anda, simak video berikut

TUTORIAL CARAMENGINSTAL APLIKASI PASCAL N-IDE DI ANDROID



0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR