Pages

Senin, 13 April 2020

Visualisasi Konsep


Manusia memiliki naluri untuk menyampaikan gagasan dalam bentuk visual. Sejarah telah membuktikan bahwa manusia lebih dahulu mengenal simbol atau gambar untuk mengomunikasikan gagasan kepada orang lain. Hal ini membukti-kan bahwa manusia merupakan makhluk yang akan lebih cepat mencerna makna melalui rangsangan visual daripada tulisan.

Penyampaian idé secara visual meliputi animasi 2D dan animasi 3D. Bentuk informasi 2D yang statis (tidak bergerak) disebut dengan infografik, sedangkan yang dinamis (bergerak) berbentuk animasi teks dan gambar disebut motion graphic. Perkembangan teknologi saat ini telah mengubah cara menyampaikan gagasan visual menjadi sangat menarik. Sebagai contoh adalah visualisasi video iklan dengan teknik animasi.

Bentuk konsep visual biasa kita temukan pada iklan, presentasi produk, dan visual guide(“aturan pakai”). Peran konsep visual ini sangat membantu memperjelas pemahaman penerima informasi. Pada penerapan visual guide biasa ditemukan dalam pembuatan tutorial atau proses kerja suatu alat dan bagaimana penggunaan serta perawatannya.


1. Bentuk Visualisasi


a. Visualisasi 2D
Visusalisasi 2D terbagi atas visualisasi statis (tak bergerak) biasanya dalam bentuk gambar dan visualisasi dinamis (bergerak) biasanya dalam bentuk animasi.

b. Visualisasi Statis
Visualisasi statis adalah visualisasi tak bergerak.Bentuk visual ini biasanya digunakan untuk infografis seperti poster, pamflet, dan flyer. Fungsi dari visualisasi statis adalah sebagai alat komunikasi dalam media cetak yang bersifat statis (non-animasi).

c. Visualisasi Dinamis
Visualisasi dinamis adalah visualisasi berbentuk animasi 2D yang biasa disebut motion graphic dan presentasi video.Visualisasi ini terdapat pada web, videotron, dan iklan televisi. Fungsi visualisasi dinamis lebih ekspresif karena memungkinkan memberikan informasi dengan efek animasi yang lebih baik.

d. Visualisasi 3D

Visualisasi 3D adalah visualisasi animasi dengan menggunakan software pengolah animasi 3D, secara tampilan visual lebih realis dan dapat diberikan cerita sesuai dengan tiruan benda nyata. Visualisasi 3D biasanya berupa animasi yang menceritakan proses kerja.


2. Presentasi Video

Manusia sebagai mahluk visual dapat dengan mudah mendapatkan informasi dengan melihat sesuatu yang “hidup”, bergerak dan bersuara. Untuk mengomunikasikan suatu ide atau gagasan dengan lebih efektif maka diperlukan sebuah presentasi dalam bentuk video yang dapat mengetengahkan gambar bergerak sekaligus suara yang diperlukan.

Pada awalnya dulu gerakan hanya dapat ditangkap dan diujudkan kembali melalui pemutaran pita celluloid yang kita sebut film. Film yang pertama hanya berisi gambar bergerak tanpa suara. Dalam perkembangannya film dapat juga menampung suara. Pita celluloid digantikan dengan pita magnetik yang mampu merekam gerakan dan suara. Perkembangan terakhir yang terjadi adalah penggantian pita magnetik dengan rekaman data digital. Rekaman gerak dan suara dalam bentuk data digital dapat dilakukan dengan mudah dan murah karena semakin berkembangnya perangkat jinjing (gadget) yang dilengkapi dengan lensa.

a. Pengertian Presentasi Video
Presentasi video adalah video untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau cara kerja yang dibuat melalui proses merekam gambar dan suara, menata urutan dan menyambung atau memotong gambar dan menyatukannya menjadi kesatuan yang utuh.

b. Fungsi Presentasi Video
Presentasi video berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan melalui penyajian suatu produk yang telah dihasilkan. Sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan, presentasi video harus mengemukakan keunggulan ide atau gagasan yang akan disampaikan. Ide atau gagasan merupakan upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Gagasan atau konsep adalah hasil pemikiran yang lahir sebagai solusi untuk mengatasi masalah. Pada dasarnya, masalah adalah kesenjangan antara kenyataan dan harapan. Perlu pelatihan mengidentifikasi masalah. Mampu mengidentifikasi masalah merupakan setengah langkah untuk kemudian menemukan solusi sebagai satu langkah berikutnya.

Gagasan atau konsep pada presentasi video, harus dan lebih bagus menggunakan ide yang asli, benar, bermanfaat. Asli, artinya gagasan atau konsep bukan hasil pemikiran orang lain, hasil kreativitas sendiri, bukan plagiasi. Tidak menyalahi kaidah keilmuan, tidak bertentangan dengan norma atau aturan. Bermanfaat, artinya menjadi solusi bagi banyak orang.

c. Jenis Video
        Berdasarkan tujuan pembuatannya, video dapat diperuntukan:
  1. Cerita; Video yang bertujuan untuk memaparkan cerita.
  2. Dokumenter; Video yang bertujuan merekam sebuah kejadian atau peristiwa dalam kehidupan nyata.
  3. Berita; Video yang bertujuan memaparkan sebuah berita.
  4. Pembelajaran; Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran agar mudah diserap dan dapat dimainkan ulang.
  5. Presentasi; Video yang bertujuan untuk mengomunikasikan ide atau gagasan
d. Ciri-ciri presentasi video
Salah satu tujuan presentasi video adalah membantu mengomunikasikan gagasan atau konsep melalui video, sebagai media dengar-pandang (audio-visual). Gagasan berbentuk produk benda jadi atau konsep dalam bentuk pelayanan (services) atau cara kerja akan menjadi lebih mudah dikomunikasikan dalam bentuk presentasi video.

Dengan demikian ciri-ciri presentasi video adalah:
  1. mengomunikasikan ide
  2. menunjukkan solusi
  3. mengomunikasikan produk dan jasa
  4. menunjukkan cara kerja
Tugas
Carilah video produk barang jadi di Internet, uraikanlah sesuai dengan ciri presentasi video yang telah Anda pelajari!


2 komentar:

  1. Vidio yang saya pelajari tentang pandemi virus corone yang sekarang merebak di 209 negara di dunia,corona merupakan virus yang menyerang pernafasan,penyebaranya melalui udara, dan bisa masuk melalui hidung,mulut dan mata.Corona akan bertahan 9 hari jika hinggap pafa benda padat.Desinfektan merupakan insektisida yang berfungsi membunuh virus yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.virus ini bermula dari Wuhan ,China dari pasar kumuh yang menjual daging mentah dan dari situ lah muncul virus tersebut,dan menyebar begitu cepat hingga ke negara-negara tetangga.Pencegahannya dengan cara :
    1.jangan menyentuh wajah sebelum mencuci tangan
    2.gunakan handsinetiser selalu atau mencuci tangan menggunakan sabun
    3.social distancing
    4.berolah raga untuk menjaga imun tubuh
    5.makan makanan bergizi, sehat, dan seimbamg

    BalasHapus
  2. Video yg saya pelajari yaitu tentang cara mengolah sampah menjadi barang bernilai ekonomis seperti tas, sepatu, dan lain-lain.Dalam video tersebut menjelaskan tentang cara mengolah sampah, jenis sampah yg dapat didaur ulang serta kegunaan sampah bagi lingkungan apabila dimanfaatkan dengan benar.

    Berikut cara mengolah sampah kaleng menjadi pot bunga =
    1.pertama-tama cuci kaleng tersebut hingga bersih kemudian lapisi kalengnya dengan cat agar lebih menarik.
    2.lubangi bagian atasnya
    3.buatlah lubang udara dibagian bawah kaleng
    4.masukan pupuk yg bercampur dengan tanah yg gembur
    5.letakkan bunga pada pot kemudian disirami setiap hari.

    BalasHapus

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR