Pages

Rabu, 13 Mei 2020

PENGERTIAN BIAYA PRODUKSI




Untuk memahami arti biaya, seseorang harus memahami proses yang digunakan dalam menentukan biaya. Memperbaiki penentuan biaya akan merupakan faktor kunci dalam pengembangan dalam bidang manajemen biaya.

1.      Biaya
Biaya adalah kas atau nilai yang setara kas yang dikorbankan untuk produk yang diharapkan dapat membawa keuntungan masa kini dan masa yang akan datang bagi organisasi. Disebut “setara dengan kas” karena asset non-kas dapat ditukar dengan produk yang diinginkan. Biaya dikeluarkan untuk menghasilkan manfaat dalam bentuk pendapatan di masa kini maupun di masa datang.  Dengan demikian biaya digunakan untuk menghasilkan manfaat pendapatan disebut beban. Oleh karenanya Setiap periode, beban tersebut dikurangkan dari pendapatan pada laporan Laba Rugi. Kerugian adalah biaya yang kedaluarsa tanpa menghasilkan manfaat pendapatan pada satu periode. Misalnya Persediaan yang rusak akibat kebakaran dan tidak diasuransikan dapat diklasifikasikan sebagai kerugian dalam Laporan Laba Rugi. Sementara Biaya yang tidak kedaluarsa dalam suatu periode tertentu dikelompokkan sebagai aktiva dan muncul pada Neraca.  Misalnya Mesin dan komputer adalah contoh aktiva yang berumur lebih dari satu periode. Prinsip utama dalam pembedaan antara biaya sebagai beban atau sebagai aktiva adalah soal penentuan waktu, yakni apakah biaya tersebut digunakan dalam satu periode atau lebih dari satu periode.
2.      Obyek Biaya
Obyek biaya adalah segala hal seperti produk, pelanggan, departemen, proyek, kegiatan dan yang lain dimana biaya-biaya diukur dan dibebankan.
Misalnya, bila ingin menentukan berapa biaya untuk membuat pisang goreng, maka obyek biaya adalah pisang goreng. Bila ingin menentukan biaya operasi sebuah program studi dalam sebuah Universitas maka obyek biaya adalah program studi. Bila tujuannya adalah menentukan biaya proyek pengembangan produk maka obyek biaya adalah proyek pengembangan produk baru.
3.      Kegiatan
Kegiatan adalah suatu unit dasar dari kerja yang dilakukan dalam suatu organisasi. Definisi lain dari kegiatan adalah keseluruhan tindakan dalam organisasi yang berguna bagi manajer untuk maksud perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan. Pada masa sekarang, kegiatan telah menjadi isu utama sebagai obyek biaya yang penting.. Kegiatan memainkan peran penting dalam proses pembebanan biaya pada obyek biaya yang lain. Contoh kegiatan yang semacam itu antara lain memelihara peralatan, merancang produk, menagih pelanggan dll. Kegiatan dijelaskan oleh kata kerja tindakan dan obyek yang menerima tindakan. Misal kegiatan merancang produk maka kata kerja tindakannya adalah ”merancang” dan obyek yang menerima adalah ”produk”.
4.       Pengertian biaya produksi
Biaya merupakan jantung tiap keputusan perusahaan. Perusahaan harus memberikan perhatian yang penuh terhadap biaya, karena setiap sen biaya akan mengurangi laba perusahaan. Jadi, dikatakan biaya perusahaan dalam hal ini adalah sesuatu yang dikorbankan melakukan sesuatu.Tentu biaya tersebut dikeluarkan dengan sesuai tujuan.Jika dikatakan biaya perusahaan, dalam hal ini adalah segala sesuatu yang dikorbankan perusahaan untuk memperoleh sesuatu.Jika disebut biaya produksi.Jadi biaya produksi adalah segala sesuatu yang dikorbankan dalam melakukan kegiatan produksi.Kegiatan produksi merupakan segala kegiatan yang bertujuan menambah faedah sesuatu barang atau menciptakan barang atau jasa yang baru.
Terdapat empat unsur pokok yang terkandung dalam pengertian biaya diatas adalah:
a.       Merupakan sebuah pengorbanan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan tenaga kerja, modal, dan lahan
b.      Untuk tujuan tertentu, bahwa pengorbanan yang kita perhintungkan sebagai biaya itu adalah pengorbanan yang memiliki tujuan tertentu misalnya untuk memproduksi barang A saat pengorbanan itu tidak dapat dihindarkan lagi.
c.       Dinyatakan dalam satuan uang, bahwa setiap pengorbanan harus dinilai dengan uang termasuk pengorbanan yang tidak dalam bentuk uang,misalnya biaya penyusutan gedung.
d.      Pengorbanan tersebut termasuk yang sudah terjadi dan yang akan terjadi, jadi harus diperhitungkan sebagai biaya.

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR