Pages

Jumat, 08 Mei 2020

Aplikasi Pengolah Gambar Bitmap di HP Android - Adobe Photoshop Express



Ada banyak aplikasi untuk edit gambar bitmap di Android dan salah satunya adalah Adobe Photoshop Express yang bisa digunakan secara gratis namun dengan keterbatasan fitur. Walaupun namanya Adobe Photoshop tetapi aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan versi dekstop. Aplikasi Adobe Photoshop Express tersedia di sejumlah sistem operasi. Di antaranya Windows 10, Windows 8.1, Windows 10 Mobile, Windows Phone 8.1, Windows Phone 8, iOS, dan tentu saja Android.

Jika kamu mencari aplikasi pengolah gambar bitmap sederhana untuk Android mungkin Adobe Photoshop Express bisa menjadi pilihan tetapi jika ingin melakukan lebih banyak hal terutama menambahkan text sepertinya aplikasi ini kurang cocok. Pada dasarnya aplikasi ini berguna untuk edit foto sederhana baik dari gallery ponsel maupun dengan mengambil gambar langsung dengan kamera HP, dan berikut beberapa fitur yang ditawarkan.

1. Fitur Adobe Photoshop Express Android

  1. Menambah efek pada foto agar tampak lebih menarik maupun membuatnya menjadi hitam putih.
  2. Menambah bingkai atau frame dengan berbagai gaya yang disediakan.
  3. Menghilangkan red eye atau mata merah.
  4. Potong/crop maupun flip atau putar.
  5. Blemish Removal untuk menghilangkan bintik-bintik atau kotoran pada foto
  6. Share foto yang telah diedit ke berbagai situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus maupun melalui aplikasi pesan instant seperti BBM, WhatsApp bahakan email.
Aplikasi Adobe Photoshop Express untuk Android hadir dengan menu yang simpel terdiri dari dua bagian menu utama diatas dan bawah. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup pilih foto/gambar yang akan diedit dari gallery atau dengan mengambil gambar langsung dengan kamera HP kemudian pilih pengeditan apa yang ingin dilakukan. Misalnya untuk mengubah efek foto kamu tinggal geser efek-efek yang sudah disediakan dari menu LOOKS, sayangnya tidak semua efek dapat digunakan secara gratis karena sebagian hanya bisa digunakan jika kita upgrade ke premium.

Sedangkan jika ingin memotong foto, kamu tinggal pilih icon crop yang ada di menu bagian bawah kedua dari kiri. Untuk mengilangkan mata merah atau red eye pilih icon mata, dan jika ingin memberi bingkai kamu bisa lakukan dari menu frame (ikon kotak) lalu pilih gaya bingkai yang diinginkan. Setelah selesai melakukan pengeditan, kamu bisa simpan hasilnya ke Gallery ponsel maupun dibagikan ke akun sosial media, bluetooth, email dan lainnya.

Setelah mencoba beberapa kali, kesimpulannya aplikasi Adobe Photoshop Express untuk Android ini hanya cocok bagi kamu yang ingin melakukan pengeditan sederhana pada foto seperti menambah kecerahan agar foto tampak lebih menarik dan artistik tetapi jika ingin menambah teks pada foto atau menggabungkan banyak foto lalu diberi bingkai atau teks maka aplikasi ini kurang cocok karena memang tidak ada fiturnya

2. Cara Edit Foto Adobe Photoshop Express


Beikut ini adalah tutorial edit foto Adobe Photoshop Express yang penulis ambil dari website jalantikus.com 

1. Atur Komposisi dan Crop

Download dulu Adobe Photoshop Express di perangkat yang kamu inginkan, dalam tutorial ini Jaka menggunakan Adobe Photoshop Express di Android. Setelah instalasi, jalankan aplikasinya dan klik 'Gallery' untuk membuka foto yang ingin kamu edit.
Sebelum melanjutkan, kita atur dulu komposisi gambarnya. Pastikan kamu menterapkan 'Rule of thirds' untuk menciptakan foto yang lebih dramatis dan menarik.

3. Edit Kontras


Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan kontras. Kebanyakan foto yang menakjubkan biasanya memiliki kontras yang tinggi dan untuk kebanyakan foto kontras tinggi memang lebih menarik.
Kontras sendiri adalah tingkat perbedaan antara terang gelap, semakin berbeda terang dan gelap dalam suatu foto, semakin tinggi kontrasnya. Sebaliknya semakin rendah perbedaannya semakin rendah kontrasnya. Di foto yang kontrasnya tinggi, bagian yang gelap akan sangat gelap dan bagian yang terang akan sangat terang.
Foto dengan kontras tinggi sering digunakan dalam berbagai foto portrait atau pemandangan untuk memberikan kesan pencahayaan yang dramatis. Secara alami, kontras foto akan tinggi saat pencahayaannya keras.

4. Edit Exposure

Setelah menyesuaikan kontras, selanjutnya adalah menyesesuaikan Exposure, Highlights, dan Shadows.
Baru setelah itu, kamu bisa membubuhi dengan efek lainnya. Seperti Clarity, Sharpen, Defog, Temperature, Tint, Vibrance, Saturation, dan lainnya.
Nah menurut Jaka, efek yang paling dapat menonjolkan foto kamu ialah Defog, Vibrance. Sementara, untuk lebih alami kamu bisa pilih Saturation.

5. Bubuhi Efek ala Instagram

Ya, di Adobe Photoshop Express kamu bisa edit foto dengan tampilan ala Instagram. Instagram terkenal karena filter image bergaya retro, ini adalah cara yang bagus untuk menghidupkan foto kamu.
Photoshop Express memiliki pilihan yang sama, yang dikenal sebagai 'Looks'. Ada banyak Looks gratis, ditambah sebuah array yang premium, kamu dapat melihat pratinjau sebelum memutuskan apakah akan melakukan pembelian.
Bila perlu, kamu juga bisa menambahkan bingkai foto. Untuk mempermanis foto editan kamu di Adobe Photoshop Express.
(Foto Asilnya)
Itulah cara edit foto dengan Adobe Photoshop Express. Silakan langsung download Adobe Photoshop Express dari Google Play Store (ukuran file sekitar 41MB), kemudian mulailah berkreasi.

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR