Pages

Senin, 14 September 2020

MENGENAL PROGRAM PENGOLAH ANGKA MICROSOFT EXCEL

Aplikasi pengolah angka dalam bahasa inggris disebut Spreadsheet.

Menurut I Wayan Warmada, program pengolah angka/ Spreadsheet adalah suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Setiap nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilaia yang lainnya. jika salah satu nilai diubah, nilai yang lain juga perlu diubah. program pengolah angka program pengolah angka/ spreadsheet yang memungkinkan kita untuk membuat lembar kerja secara elektronik. setiap nilai menempati suatu sel sehungga kita dapat mendefiniskian tipe data dan hubungannya dengan sel lain.

Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.

Fungsi paket program pengolah angka

Aplikasi paket program pengolah Angka/ Spreadsheet merupakan aplikasi memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan, selain itu memiliki fungsi diantaranya:

  • Mempermuda dalam mengelola hitungan dengan rumus otomatis
  • Mempermudah dalam membuat tabel data
  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafik.
  • Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
  • Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dll.
  • Melakukan analisis dan riset harga.
  • Melakukan perhitungan statistika.
  • Membantu berbagai sektor bisnis untuk mempermudah melakukan laporan keuangan.
  • Membuat daftar nilai sekolah maupun universitas.
  • Konversi mata uang.
  • Membuat grafik persamaan matematika.
  • Membuat program Excel dengan Visual Basic.
  • Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian.
  • Sarana pembelajaran komputer dan logika.
  • Perhitungan rumus statistik
  • Membantu menyelesaikan pekerjaan seperti: Laporan keuangan, penjualan, daftar gaji atau akuntansi dan perpajakan, serta berbagai laporan lainnya. 

Jenis-jenis Program Pengolah Angka/ Spreadsheet

Jenis program pengolah angka yang merupakan paket program pengolah angka atau spreadsheet yang sering sekali digunakan oleh lingkungan kantor atau perusahaan adalah microsoft Excel. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS, Android dan Apple sehingga Program aplikasi pengolah angka juga dikenal dengan program microsoft Excel. 

Microsoft Excel merupakan Aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation memiliki fitur yang bisa diintegrasikan dengan aplikasi microsoft office lainnya. Aplikasi ini selalu berkembang dan mengeluarkan versi terbaru dilengkapi dengan fungsi-fungsi kompleks, hingga saat ini sebagian besar pelaku bisnis maupun dunia pendidikan menggunakan aplikasi ini, karena dianggap paling mudah dan memiliki fitur lengkap. 

Ada beberapa jenis program pengolah angka yang digunakan selain menggunakan microsoft Excel, diantaranya:

  1. Lotus 1-2-3. Aplikasi ini dapat diopersikan pada sistem operasi windows, yang berhasil dirilis oleh IBM. 

2.      Kspread. Aplikasi ini dalam tahap perkembangan, namun standar spreadsheet sudah bisa digunakan dalam pengoperasian fungsi matematika dan statistik. Kspread merupakan aplikasi bersifat open source dan multiplatform

 

  1. Star Office Calc, Aplikasi ini dikembangkan oleh Sun Microsystem yang bersifat multiplatform. yang memiliki kelebihan dalam mengklasifikasi data di lembar kerja atau menggunakan grafik dan mengonversi data dengan aplikasi pengolah angka lainnya. Aplikasi ini juga dapat diopersikan melalui Linux, Solaris, Unix dan Windows.

 

  1. Open Office Cal, Aplikasi ini cenderung lebih mudah dalam pengoperasiannya serta bisa dibuka melalui sistem operasi apa saja, sebab aplikasi ini bersifat open souce dan multiplatform.

 

  1. Abacus, Awalnya aplikasi ini dikembangkan oleh mahasiswa di universitas IST Portugal, dibawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira. Aplikasi ini hanya membutuhkan memori kecil serta tampilannya sangat mudah digunakan. 

  1. Gnumeric, Aplikasi yang memiliki tampilan GUI yang User Friendly yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar. Aplikasi ini bersifat open source dan multiplatform 

  1. WingZ, Aplikas ini untuk pengguna terbatas bersifat non komersil (tidak untuk dijual kembali). Aplikasi ini bersifat open source dan multiplatform. 


  1. XESS, Aplikas ini di buat oleh AIS (Applied Information system) yang dapat dijalankan oleh sistem UNIX, Linux, Open VMS dan Windows. 


 

Sebagai program pengolah angka terpopuler, Microsoft Excel mempunyai banyak kelebihan dan beberapa kekurangan untuk penggunaan tertentu.


Kelebihan Microsoft Excel

  1. User interface yang mudah untuk dipahami.
  2. Kompatibilitas dengan berbagai platform/sistem operasi.
  3. Mudah dipelajari untuk pengguna pemula.
  4. Tersedia lisensi dalam versi grosir.
  5. Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.
  6. Dapat membaca ekstensi standar spreadsheet (.csv).
  7. Fitur pivot untuk mempermudah manajemen data.
  8. Spreadsheet yang besar, dapat digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.
  9. Resource RAM dan memory kecil dibanding program sejenis.
  10. Digunakan oleh berbagai industri, instansi dan pekerjaan.
  11. Mendukung Visual Basic
  12. Menyediakan fitur Research Pane untuk mempermudah mencari referensi analisis data dengan Microsoft Excel menurut para ahli terkait topik yang diteliti.

Kekurangan Microsoft Excel

  1. Akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik terbatas.
  2. Jumlah sel terbatas.
  3. Add-ins untuk disiplin ilmu tertentu seperti neural network, fuzzy logic tidak powerfull dibandingkan software sejenis contoh: MATLAB dan SAS .

 


2 komentar:

  1. https://wulanrwdhrr.blogspot.com/2020/09/assalamualaikum-wrwb-disini-saya-akan_14.html?m=1

    BalasHapus
  2. https://wulanrwdhrr.blogspot.com/2020/09/assalamualaikum-wrwb-disini-saya-akan_14.html?m=1

    BalasHapus

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR