Pages

Rabu, 29 April 2020

MEMILIH CPU




Katakanlah anda sedang membangun sebuah PC, dan biasanya pemilihan prosesor merupakan hal yang pertama anda akan pergi. Ketika datang untuk memilih prosesor yang tepat, ada tiga faktor yang perlu anda pertimbangkan, yakni : kinerja, harga, dan biasanya konsumsi daya.

1.       Single-thread dan Multi-thread
Memilih CPU yang ideal dan terbaik untuk dibangun dimulai dengan memahami beban kerja CPU. Ada dua jenis utama dari beban kerja yang harus dipertimbangkan: single-thread dan multi-threaded. Beban kerja single-threaded umumnya melibatkan tugas-tugas sederhana seperti browsing web, pengolah kata, dan mendengarkan musik dan biasanya proses ini dilakukan lebih baik pada CPU yang memiliki clock speed per-core yang tinggi daripada jumlah core yang banyak.

Sedangkan beban kerja multi-threaded ini biasanya tugas-tugas seperti mengedit foto, video encoding, dan beberapa game tertentu, dan biasanya tugas-tugas ini mendapatkan keuntungan tersendiri dari prosesor yang memiliki beberapa core. Selain itu, teknologi seperti Hyperthreading Intel dirancang untuk mempercepat beban kerja multi-threaded tertentu seperti video editing dan encoding dengan memungkinkan dua benang yang secara bergantian dieksekusi pada satu inti.

2.       Overclock
Pilihan lain untuk dipertimbangkan ketika memilih CPU adalah pilihan overclocking. Overclocking adalah proses untuk meningkatkan kecepatan clock CPU hingga maksimum daripada kecepatan standar, dan ini biasanya sering menghasilkan manfaat kinerja yang terukur. Namun, tidak semua CPU mampu untuk dioverclocking, dan prosesor yang memiliki fitur ini sering membutuhkan motherboard dengan chipset khusus, dan pada gilirannya biaya yang dikeluarkan akan melebihi anggaran keuangan anda.
Untuk prosesor Intel, Anda akan memerlukan salah satu CPU dengan seri K, yang mendukung overclocking, dan anda akan membutuhkan motherboard dengan chipset seri Z untuk bisa mengoverclock prosesor secara efektif. Disis lain, prosesor AMD, memiliki keuntungan tersendiri karena hamipir semua dari barisan prosesornya bisa overclock, apalagi dengan kehadiran prosesor terbaru dari AMD, Ryzen.
Pada umumnya, chip yang memiliki fitur overclock akan lebih mahal daripada rekan-rekan mereka yang lebih murah, dan Anda juga perlu memastikan dalam pemilihan motherboard yang tepat untuk mendukung overclocking. Juga, perlu diingat bahwa overclocking menyebabkan peningkatan panas dan konsumsi daya.

3.       Konsumsi Daya
Meskipun konsumsi daya bukan menjadi salah satu perhatian utama ketika memilih CPU, tapi hal ini layak untuk dipertimbangkan, terutama jika Anda berencana membeli CPU untuk tujuan  overclocking. Biasanya, semakin cepat prosesor, maka semakin besar kekuatan itu akan mengkonsumsi dan juga tingkat panas yang akan menghasilkan, yang juga menimbulkan kekhawatiran tentang pendinginan dan kebisingan. Sementara kipas pendingin bawaan CPU dapat bekerja dengan baik dengan kecepatan biasa, tapi  CPU yang dikhususkan untuk overclocking akan menjadikan pendingin saham menjadi tidak memadai, yang berarti anda perlu kekuatan lebih dalam CPU Cooler baik itu Air Cooler maupun Liquid yang lebih mahal.  

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR