Voice over Internet
Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital
Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui
media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui
jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog
telepon biasa.
Dalam bahasa yang
sederhana. VoIP adalah teknik untuk bertelepon di atas jaringan Internet. Teknologi
yang di kembangkan memungkinkan untuk membangun sentral telepon sendiri hingga
pesawat telepon-nya. Teknologi VoIP menjadi dasar dari Next Generation Network
(NGN) maupun jaringan selular 4G yang di gunakan oleh operator telekomunikasi
masa datang. Teknik VoIP di adopsi oleh rekan-rekan Amatir Radio (ORARI) untuk
menggunakan Internet sebagai relay jarak jauh. Teknik VoIP di Amatir Radio di kenal sebagai
eQSO.
Definisi VoIP adalah suara
yang dikirim melalui protokol internet (IP). Dalam komunikasi VoIP, pemakai
melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa.
Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil
diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon
tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Selain itu, biaya maintenance
dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat
di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang disembarang
ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus
mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).
Voice over Internet
Protocol (VoIP) dikenal juga dengan sebutan IP Telephony didefinisikan sebagai
suatu sistem yang menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan data paket
suara dari suatu tempat ke tempat yang lain menggunakan perantara protokol IP.
Dengan kata lain teknologi
ini mampu melewatkan trafik suara yang berbentuk paket melalui jaringan IP.
Jaringan IP sendiri adalah merupakan jaringan komunikasi data yang berbasis packet-switch
Protokol-protokol Penunjang VoIP
Ada beberapa protokol yang
menjadi penunjang jaringan VoIP, antara lain :
Ø
TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet
Protocol) merupakan sebuah protokol yang digunakan pada jaringan internet.
Standarisasi diperlukan agar antar komputer terjadi kesepakatan tentang
tatacara pengiriman dan penerimaan data sehingga data dapat dikirimkan dan
diterima dengan benar. Protokol ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu TCP
dan UDP serta dibawah lapisan tersebut ada protokol yang bernama IP.
o
Transmission Control
Protocol (TCP) merupakan protokol yang menjaga reliabilitas hubungan komunikasi
end-to- end. Konsep dasar cara kerja TCP
adalah mengirim dan menerima segmen–segmen informasi dengan panjang data
bervariasi pada suatu datagram
internet. Dalam hubungan VoIP, TCP digunakan pada saat signaling, TCP digunakan
untuk menjamin setup suatu panggilan
pada sesi signaling. TCP tidak digunakan dalam pengiriman data suara karena pada komunikasi data VoIP penanganan data yang mengalami keterlambatan lebih penting
dari pada penanganan paket yang hilang.
o
User Datagram Protocol
(UDP) merupakan salah satu protocol utama
diatas IP, yang lebih sederhana dibandingkan dengan TCP. UDP digunakan
untuk situasi yang tidak mementingkan mekanisme reliabilitas. UD digunakan pada
VoIP pada pengiriman audio streaming yang berlangsung terus menerus dan lebih
mementingkan kecepatan pengiriman data
agar tiba di tujuan tanpa memperhatikan adanya paket
yang hilang walaupun mencapai 50% dari jumlah paket yang dikirimkan. Karena
UDP mampu mengirimkan data streaming
dengan cepat. Untuk mengurangi jumlah
paket yang hilang saat pengiriman data (karena tidak terdapat mekanisme pengiriman
ulang) maka pada teknologi VoIP pengiriman data banyak dilakukan pada private
network.
o
Internet Protocol (IP)
Internet Protocol didesain untuk interkoneksi sistem komunikasi komputer pada
jaringan paket switched. Pada jaringan TCP/IP,
sebuah komputer diidentifikasi dengan alamat IP. Tiap-tiap komputer memiliki
alamat IP yang unik, masing- masing berbeda satu sama lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahan pada
transfer data. Terakhir, protokol data akses terhubungan langsung dengan
media fisik. Secara umum protokol ini bertugas untuk menangani pendeteksian
kesalahan pada saat transfer data. Untuk komunikasi datanya, Internet Protokol
mengimplementasikan dua fungsi dasar yaitu addressing dan fragmentasi. Salah
satu hal penting dalam
IP dalam pengiriman informasi adalah metode pengalamatan
pengirim dan penerima.
Ø SIP (Session Initiation
Protocol)
SIP yaitu protokol yang
digunakan untuk inisiasi, modifikasi dan terminasi sesi komunikasi VoIP. SIP adalah protokol
Open Standard yang dipublikasikan oleh IETF,RFC 2543 dan RFC 3261. Selain
digunakan untuk negosiasi sesi komunikasi voice, SIP juga dapat digunakan untuk
negosiasi sesi komunikasi data media lain seperti video dan text. Disebutkan
sebagai hanya melakukan “negosiasi sesi komunikasi” adalah karena SIP merupakan
signalling protocol, bukan media transfer protocol. Artinya SIP tidak
menghantar data media (voice, video dan text), melainkan hanya melakukan
negosiasi sesi komunikasi saja dan
memanfaatkan protokol lain seperti RTP sebagai media transfer protocol.
Ø
H.323
VoIP dapat berkomunikasi
dengan sistem lain yang beroperasi pada jaringan packetswitch. Untuk dapat
berkomunikasi dibutuhkan suatu standarisasi sistem komunikasi yang kompatibel
satu sama lain. Salah satu standar komunikasi pada VoIP menurut rekomendasi
ITU-T adalah H.323 (1995-1996).Standar H.323 terdiri dari komponen, protokol, dan
prosedur yang menyediakan komunikasi
multimedia melalui jaringan packet-based. Bentuk jaringan packet-based yang
dapat dilalui antara lain jaringan internet, Internet Packet
Exchange (IPX)-based, Local Area Network (LAN), dan
Wide Area Network (WAN). H.323 dapat
digunakan untuk layanan – layanan multimedia seperti komunikasi suara (IP
telephony), komunikasi video dengan suara (video telephony), dan gabungan
suara, video dan data.
Disini dejelaskan secara
sederhana mengenai cara kerja jaringan VOIP.Inti dari VoIP terdapat pada
Jantung VoIP adalah jaringan softswitch. yang menyimpan semua informasi tentang
pelanggan.Dalam pandangan sederhana,VoIPsoftswitch pada dasarnya memiliki tabel
pemetaan nomor telepon pelanggan dan komputer atau IP alamat pelanggan.
Jika ada salah satu
pelanggan yang ingin melakukan panggilan maka pelanggan tersebut meminta pada
Softswith untuk mengetahui alamat dan tujuan pelanggan yang lain.Alamat tujuan
dapat menjadi alamat IP. Jadi, pada dasarnya softswitch tempat berkumpulnya
semua nomor telepon pelanggan dan IP alamat.
Cara kerja VoIP adalah
mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket
data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem
dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan
melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon
diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima
oleh telepon tujuan.
Untuk Pengiriman sebuah
sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum
dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC
(Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima
dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog
Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets
data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format
digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat
diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise
daripada analog.
Bentuk paling sederhana
dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet.
Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang
terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan
dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam
koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk
pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan
keduanya dalam bentuk suara.
Pada perkembangannya,
sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak
hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti
pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital
dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara
komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk
komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika
jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang
lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan
komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP).
Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya
membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.
Prinsip kerja dari sistim
layanan VoIP adalah sebagai berikut : Client-client yang terhubung dalam sistim
tersebut mempunyai nomor IP Address sendiri. Untuk bisa berkomunikasi antar
client, maka masing-masing client harus ter-register di IP PBX Server. Setelah
diregistrasi, setiap client akan mendapat nomor user (user account). Sebuah
client, jika ingin berkomunikasi dengan client lain harus men-dial nomor user
dari client tujuan sesuai dengan nomor registrasi yang diberikan oleh IP PBX
server. Komunikasi antar client ini selalu dimonitor oleh server.
Asterisk adalah salah satu
software Server VoIP yang didistribusikan melalui GPL (GNU General Public
License) dimana seperti software open source lainnya, dapat didownload gratis
dari internet. Asterisk disebut sebagai IP PBX, karena memiliki fungsi dan
kemampuan layaknya PBX namun berbasis IP.
Dengan Asterisk,
konfigurasi sebuah IP PBX dibedakan menjadi 2 bagian besar yaitu konfigurasi komponen Data
Account dan komponen Dial Plan. Data Account merupakan kumpulan data-data dari
sebuah account, baik berupa account extension (terminal) maupun trunk, yang
menghubungkan IP PBX dengan jaringan yang lain. Data Account merepresentasikan
nomor atau nama dari user IP PBX, atau nomor atau nama dari server atau IP PBX
lain.
KEUNTUNGAN VoIP
§
Biaya lebih rendah untuk
sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan
dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
§
Memanfaatkan infrastruktur
jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai
jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang
ada bias dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan
untuk penambahan komunikasi suara.
§
Penggunaan bandwidth yang
lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan
bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data
memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
§
Memungkinkan digabung
dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk
jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi
antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
§
Berbagai bentuk jaringan
VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah
VoIP Rakyat.
§
Variasi penggunaan
peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset
KELEMAHAN dari VoIP
§
Kualitas suara tidak
sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth
kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN
konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi
internet pitalebar / broadband seperti Telkom Speedy,
maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan
Telkom dan tidak terputus-putus.
§
Ada jeda dalam
berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat
adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan
koneksi Broadband (lihat di poin atas).
§
Regulasi dari pemerintah RI
membatasi penggunaan untuk disambung
ke jaringan milik Telkom.
§
Jika memakai internet dan
komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan
konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut
berjalan
§
Tidak pernah ada jaminan
kualitas jika VoIP melewati internet.
§
Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara
VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan
dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan
tersebut juga mulai turun harganya.
§
Berpotensi menyebabkan
jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi
penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar
jaringan di perusahaan tidak menjadi
jenuh akibat pemakaian VoIP.
§
Penggabungan jaringan tanpa
dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran.
1.
Apakah pengertian VoIP?
2. Bagaimana konsep kerja server Softswitch?
Untuk menjawab tugas, Klik DISINI
0 komentar:
Posting Komentar
SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR