Pages

Selasa, 10 November 2020

PRAKTEK 5 MEMBUAT WEB SERVER HTTP PADA JARINGAN

Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi.

Salah satu contoh dari Web Server adalah Apache. Apache (Apache Web Server – The HTTP Web Server) merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya.

 

MEMBUAT WEB SERVER HTTP DI CISCO PACKET TRACER

PERSIAPAN

Persiapan simulasi server HTTP dalam contoh ini adalah dengan menggunakan 1 buah workstation dan 1 server yang terhubung langsung dengan kabel tipe cross sehingga terlihat seperti gambar  di bawah ini.

Langkah – Langkah :

 1.       Lakukan konfigurasi IP address pada PC0 seperti yang telah dijelaskan di praktek sebelumnya

2.      Lakukan konfigurasi IP address pada Server0. Langkah-langkah mengkonfigurasi IP address untuk tipe Server-PT pada Cisco Packet Tracer sama dengan workstationnya (PC-PT).

3.      Klik lah server untuk mengatur server http lalu pilih service, klik http dan on kan service statusnya .

4.      Setelah mengatur IP dan server dan pc sudah terhubung kita tinggal memanggil IP server dari PC0, dengan mengklick PC 0 klick desktop , lalu pilih web browser Ketika jendela web browser muncul, ketikkan IP address Server0/Server HTTP (192.168.0.1) di field URL. Sesaat setelah itu akan dihasilkan tampilan halaman web pada Server0 di web browser PC0 akhirnya.

 

5.      Anda dapat mengganti tulisan Welcome to Cisco Packet Tracer. Opening doors to new opportunities. Mind Wide Open dengan Welcome to TKJ SMK Muhammadiyah Watukelir. Caranya dengan klik Server, klik service kemudian bagian index.html, klik edit. Setelah itu jangan lupa untuk di save.


6.      Untuk melihat hasil perubahan klick desktop , lalu pilih web browser Ketika jendela web browser muncul, ketikkan IP address ServerS/Server HTTP (192.168.1.1) di field URL dan klik GO.


KESIMPULAN :

Dari hasil percobaan yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa:

1. Worstation dan Server dapat saling terhubung jika dikonfigurasi dengan benar.

2. Web browser di workstation baru bisa mengakses HTTP server sesaat setelah service HTTP pada server tersebut On.

 





0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR